Senin, 28 Maret 2011

IKATAN DOKTER INDONESIA CAB.TAPSEL-PALAS-PALUTA Sekretariat: Dinas Kesehatan Kab.Tapnuli Selatan

ILMIAH/GLAUKOMA AKUT
GLAUKOMA AKUT


Latar Belakang.
Adalah suatu istilah yg digunakan untuk sekelompok penyakit mata yg ditandai dengan neuropati optik dan gangguan lapangan pandang dengan peningkatan tekanan intra okuler (TIO normal 10-21 mmhg) sebagai faktor utama.
Glakoma Akut didefenisikan sbg peningkatan TIO secara mendadak dan sangat tinggi, akibat hambatan mendadak pada anyaman trabekulum. Keadaan ini merupakan kedaruratan okuler. Glaukoma Akut harus diwaspadai, termasuk oleh dokter umum, karena dapat terjadi bilateral dan dapat menyebabkan kebutaan. Glaukoma akut dapat dicegah dgn diagnosis dan penatalaksanaan yg tepat.

Diagnosis:
* Anamnesis : biasanya terjadi pada orang tua, mengalami hiperopia, nyeri hebat periorbita dan penurunan tajam penglihatan serta sakit kepala. Pada beberapa kasus terdapat muntah, sakit perut.

Penatalaksanaan:
Pasien segera dirujuk ke RS guna menurunkan TIO, posisi sedapat mungkin supinasi, dan tidak boleh diberi penutup mata. Terapi dilakukan oleh dr.mata , tepapi jika tidak ada dr mata atau terjadi delay sewaktu kejadian dan pengiriman, dr.umum dapat melakukan terapi. sampai dilakukan terapi/konsul dgn dr mata. Terapi inisial terdiri dari Asetazolamid 500 mg iv dilanjutkan dgn oral 500 mg/1000mg oral, tetes mata beta-bloker (Timolol 0.5% atau betaxolol 0.5%) dan kortikosteroid topikal dengan atau tanpa antibiotik untuk mengurangi inflamasi dan kerusakan saraf optik. Terapi simtomatik penghilang rasa sakit dapat di berikan. (dr.gitalisa Andayani SpM, disampaikan pada Pertemuan Perhimpunan Dokter Emergensi Indonesia,juli 2007)
0 komentar
Sabtu, Desember 01, 2007
ILMIAH
HPV2 (Human Papilloma Virus )





Dede si Manusia "pohon" saat ini dirawat di RS Hasan Sadikin (RSHS), Bandung. Human Papilloma virus tipe 2(HPV2) kemungkinan menjadi penyebab kelainan pada diri dede. Kutil raksasa yg dalam istilah medisnya disebut Epidermo displacia Vericoformis disertai Giant Cutaneus Horn, yg menyerupai akar pohon pada tangan dan kaki dede (38 tahun), akan dipotong dengan gergaji kecil minggu depan. Tindakan medis ini kan dilakukan setelah kondisi dede dinyatakan stabil oleh dokter yg merawatnya. Saat ini akan dilakukan pengambilan spesimen & DNA nya dan akan di periksa di RS kangker Dharmais Jakarta. Dede direncanakan diterapi dgn obat Acitretin untuk menghambat pertumbuhan kutilnya. Dede saat ini tidak dianjurkan untuk mandi dgn di guyur air, sebab kutilnya itu akan menyerap air sehingga menimbulkan bau yg tidak sedap. Human Papilloma Virus biasa ditemukan pada kuti-kutil yg lain, dalam kondisi dimana terdapat gangguan immunitas dan superinfeksi, kutil dapat berkembang seperti pada kasus dede. Menurut DR.dr. Hans Lumintang SpKK(K), dari RSU.Dr.Soetomo, penyakit ini bisa dikendalikan dengan pemberian Retinoin atau Vitamin A.


0 komentar
Jumat, November 30, 2007
ILMIAH
TENTANG KALSIUM



Orang dewasa membutuhkan 1000 miligram kalsium setiap hari. anak-anak dibawah itu. Wanita hamil dan menyusui perlu 1500 miligram. Kebutuhan kalsium dipengaruhi oleh oleh total nutrisi, unsur Zn(seng), magnesium (Mg), Chromium (Chr), Manganese (Mn), molybdenium (Mo). Itu semua diperoleh dari dari menu harian, termasuk yg kaya kalsium. Kenyataannya hanya sekitar duaperlima orang amerika yg kecukupan kalsium.(William Strain).
Fungsi kalsium bukan hanya untuk membangun dan memelihara keutuhan tulang-belulang dan gigi. Ia juga diperlukan oleh jantung, saraf, otot, pada pemakaian zat besi, dan pembuatan enzim. Maka kekurangan kalsium dapat muncul pula keluhan pada organ-organ tersebut, termasuk gangguan haid, susah tidur, kesemutan, dan gangguan sendi.
Kalsium berada dalam keseimbangan gn fosfor (P). Susu meningkatkan rasio kalsium:fosfor. Kalsium menurun bila fosfor meningkat. Fosfor meningkat dapat oleh konsumsi minuman ringan (soft drink).
Kalsium dan magnesium (Mg) amat berperan untuk otot jantung. Tetapi, memilih makanan yg kaya kalsium saja belum cukup bila penyerapan kalsium tidak penuh. Tidak semua kalsium yg dikonsumsi diserap oleh tubuh. Hanya sebagian saja yg diserap oleh usus. Kalsium susu paling banyak diserap. Dan, penyerapan kalsium ditentukan juga oleh peran vitamin C, vitamin D, protein, oxalat(sayur-mayur), phytic acid (asam fitat), asam amino lysine, dan apakah tubuh cukup bergerak (beraktifitas) agar terjadi kompresi pada tulang panjang.
Selain itu pengeluaran kalsium tubuh meningkat bila konsumsi protein meningkat lebih dari 95 gram protein sehari. Latihan fisik yg meningkat, pengeluaran kalsium menurun. Banyak berbaring, kehilangan kalsium tubuh akan meningkat. (Sumber: Sehat itu Indah, Dr.Handrawan Nadesul, 2007)
0 komentar
Kamis, November 29, 2007
ILMIAH


Peran Anti Oksidan dalam Terapi Diabetes Melitus Tipe 2
(Simposium Endokrinologi Klinik VI 2007, Bandung 2007)


Metabolik sindrom sering kali menimpa penderita obesitas sentral disertai empat gejala, yg meliputi peningkatan kadar gula darah, peningkatan tekanan darah,penurunan kolesterol HDL, dan peningkatan kadar gula darah puasa. Jika tidak diterapi, sindrom tersebut dapat menyebabkan penyakit diabetes tipe 2. Terapi utama diabetes adalah penggunaan antidiabetes oral. Selain penggunaan obat anti diabetes oral, antioksidan juga dapat digunakan untuk membantu pengobatan diabetes tipe 2. Manfaat antioksidan diantaranya dapat mencegah gangguan pada sel, seperti kerusakan membran sel, DNA, dan mitokondria. Selain itu, antioksidan juga dapat melindungi perisai sel dari radikal bebas. Demikian kesimpulan dari simposium GlucoBion dalam rangkaian simposium Endokrinologi klinik VI, di Bandung, 10 juli 2007.

Metabolik sindrom, seperti diterangkan Dr.Augusta L,Arifin,SpPD-KEMD, terjadipada penderita obesitas sentral, dimana terjadi penumpukan lemak di daerah abdomen. Kondisi tersebut ditambah dengan kurangnya aktifitas fisik sehingga menyebabkan terjadinya resistensi insulin, hiperinsulinemia, kenaikan tekanan darah, dan kenaikan trigliserida. Peningkatan insulin, asam lemak bebas, dan/atau kadar glukosa dapat meningkatkan produksi ROS (reactive oxygen species)-yang merupakan radikal bebas-sertastres oksidatif. Hal ini akan memperburuk aktifitas dan sekresi insulin,serta mempercepat progresi menjadi diabetes tipe 2 yg nyata. Stres oksidatif dikatakan bisa memperburuk komplikasi diabetes dan komplikasi ini dapat mengubah kebutuhan tubuh akan oksidan.

Untuk itu, tubuh membutuhkan antioksidan yg dapat menetralisir molekul reaktif dan menurunkan kerusakan oksidatif. Antioksidan dapat diperoleh dari maanan seperti vitamin C, vitamin E, dan beta karoten. Pemberian antioksidan harus memperhatikan beberapa hal, seperti lamanya terapi, penggunaan antioksidan yang tepat, dan mulai terapi yg lebih awal. Pendapat yg sama juga dinyatakan oleh Dr.Widjaja Lukito, PhD, yg mengatakan bahwa karena adanya metabolik sindrom, tubuh menghasilkan lebih banyak spesies oksigen reaktif sehingga tubuh harus mendapatkan antioksidan untuk mengimbanginya. Anti oksidan dapat berupa vitamin C, Vitamin E, Selenium, Zinc, Betakaroten,copper, dan glutation.. Recomended dietary allowance menyatakan bahwa wanita dan pria membutuhkan vitamin E masing-masing 15 mg. sedangkan vitamin C yg dibutuhkan wanita 75 mg dan pria 90 mg. Untuk mencegah penyakit jantung iskemik, dianjurkan menambah asupan vitamin C 150 mg, vitamin E 30 mg dan beta karoten 3 mg per hari.

Menurut Dr.Hikmat Permana, SpPD-KEMD, salah satu efeg hiperglikemia adalah peningkatan muatan oksidatif atau stres oksidatif. selain itu, stres oksidatif juga meningkatkan laju infark miokard pada penderita diabetes.

Terdapat dugaan yg kuat bahwa terapi dengan vitamin dapat bekerja sbg antioksidan dan mencegah komplikasi diabetes. Terapi antioksidan ini harus disertai dgn terapi yg lain untuk mengendalikan hiperglikemia, hiperlipidemia, dan hipertensi pada pasien diabetes resiko tinggi.. Selain vitamin antioksidan, kromium juga berperan penting pada perbaikan penyakit diabetes. Penelitian membuktikan bahwa kromium menunjukan perbaikan kadar glukosa darah pada subjek dgn intoleransi glukosa, meningkatkan kadar insulin pada sel, dan meningkatkan sensitivitas insulin.
0 komentar
Sindrom Kawasaki




Sindrom Kawasaki/Mucocutaneouslymphnode syndrome/infantile polyarteritis nodosa.

Merupakan vaskulitis akut yg terjadi pada bayi dan anak-anak (80%). penyakit ini pertama kali ditemukan oleh orang yg bernama Tomisaku Kawasaki pada tahun 1961. (sumber:www.kawasaki-disease.org). Untuk mengenang jasanya makanya penyakit ini dinamakan penyakit kawasaki.Di Indonesia penyakit ini masih kurang di kenal, juga dikalangan medis. Mungkin hal ini disebabkan kasusnya yang masih jarang. Hal ini menyebabkan keterlambatan diagnosis dgn segala resikonya. Kadang penyakit ini sering dikelirukan dgn penyakit campak, yg membedakannnya pada PK, batuk dan pilek biasanya ringan atau tidakada sama sekali. gejalanya juga kadang mirip dgn infeksi virus.

Penyakit ini paling sering menyerang anak usia 1-2 tahun. 20-40 % penyakit ini menimbulkan kerusakan pada pembuluh dara koroner jantung.
0 komentar
Rabu, November 28, 2007
Jasa Medik, Etika dan Pelayanan Kedokteran Bermutu

"...............Pertolongan dokter terutama didasarkan pada perikemanusiaan, diberikan tanpa perhitungan terlebih dahulu tentang untung ruginya...; Setiap penderita harus diperlakukan sebaik-baiknya dan sejujur-jujurnya. Meskipun demikian hasil dari pekerjaan itu hendaknya juga dapat memenuhi keperluhan hidup sesuai kedudukan dokter dalam masyarakat...............Perumahan yg layak yg berarti tempat hidup berkeluarga yg cukup higienis, serta tempat praktek harus mempunyai ruangan tempat menerima penderita dgn aman dan tenang................Alat kedokteran seperlunya, kendaraan, pustaka sederhana, santapan rohani, kewajiban sosial dan lain-lain, semua itu memerlukan anggaran belanja. Jadi sudah selayaknya kalau dokter menerima imbalan jasa untuk pengabdian profesinya...............karena sifat perbuatannya yg mulia maka yg diterimanya tidak diberi nama upah atau gaji, melainkan honorarium atau imbalan jasa. Besarnya imbalan tergantung beberapa faktor yaitu keadaan tempat, kemampuan penderita, lama dan sifatnya pertolongan yg diberikan dan sifat pelayanan umum atau spesialistik........................
0 komentar
DOKTER KITA
Dokter Juga Manusia




Saat ini terkesan bahwa telah terjadi peningkatan kasus-kasus dugaan "mal-praktek" dokter. Hal ini dapat terlihat dari banyaknya berita tentang "malpraktek" dokter di media masa.. Berita-berita tersebut menjadi konsumsi publik yg cukup laris mana kala kasusnya terjadi, misal pada kelompok selebritis (ingat kasus almarhuma Sukma Ayu, yang dulu berulang-ulang disiarkan melalui info-tainment). Apabila kasus dugaan "malpraktek" menjadi bahan berita, kadang kala opini publik langsung tergiring seolah-olah dokter sudah pasti salah!

Profesi kedokteran adalah profesi yg "padat harapan". Dapat dikatakan bahwa pasien dan keluarganya menyerahkan sepenuhnya harapan akan upaya kedokteran atas gangguan kesehatan yg dideritanya. Harapan yg besar tersebut seringkali diliputi oleh kondisi ketidak-tahuan pasian. Harapan dan ketidak-tahuan tersebut suatu saat bercampur aduk dgn kondisi emosional pasien dan keluarganya. Tuntutan bahwa suatu penyakit harus disembuhkan sering kali menjadi ukuran keberhasilan dokter untuk memenuhi harapan tersebut. Padahal sejatinya, ukuran keberhasilan pekerjaan profesi kedokteran terletak pada sejauh mana upaya kedokteran tersebut dilakukan. (Dikutip dari Buku : Dokter juga manusia, Oleh:Dr.dr.Fachmi Idris,M.Kes)




0 komentar
Selasa, November 27, 2007
INTERNET-DOKTER-INERNET
IDI Cab.Tapanuli selatan terhitung masih Seumur jagung, alasan ini tidak menjadikan Penguus Cab.IDI TapSel berpangku tangan. Pengurus dgn dukungan seluruh anggota IDI terus berbenah diri. Salah satunya adalah dgn membuat website/blog IDI cab.Tapsel. Anggota IDI Tapsel Khususnya dan siapapun yang ingin mengakses dapat meng-klik : www.iditapsel.blogspot.com. Semoga kehadiran website ini, segala informasi dapat di akses dgn cepat.
1 komentar
Program Pengembangan Pendidikan Keprofesian Berkelanjutan (P2KB)
IDI Wilayah Sumatera Utara pada tgl. 24 November 2007, bertempat di hotel Danau Toba International Medan mengadakan Sosialisasi Pedoman Pelaksanaan Program pengembangan pendidikan Keprofesian Berkelanjutan. Tujuan Program P2KB adalah:

1.Mempertahankan dan meningkatkan profesionalisme seorang dokter. Sesuai dgn standar
kompetensi global.
2.Terjaminnya suatu penyelenggaraan pelayanan kedokteran yang bermutu melalui upaya
sertifikasi dokter.


PROSEDUR PELAKSANAAN PROGRAM P2KB
Definisi:
Kredit adalah satuan yg digunakan untuk mengukur kemampuan/kompetensi seorang
dokter yg diperoleh dgn menjalani 1 jam kegiatan yg diakui sebagai kegiatan pendidikan
dalam suatu skema P2KB.
* Kredit prasyarat IDI (optimal credit requirement) adalah 250 SKP per 5 tahun dan berlaku
semua dokter.
* Minimal requirement : 200 SKP IDI.

0 komentar
HARI KESEHATAN NASIONAL


Rakyat Sehat Negara kuat merupakan tema HKN tahun ini. Tema ini sangat tepat mengingat kesehatan merupakan "pondasi" dalam membentuk negara yg kuat.
Hari Kesehatan Nasional ke 43 di Kab.Tapanuli Selatan tahun ini dipusatkan di RSUD.Gunung Tua pada tgl. 13 November 2007. Kegiatan kali ini diawali dgn upacara yang di pimpin oleh Kepala Dinas Kesehatan. Para peserta Upacara terdiri dari jajaran dinas kesehatan kab. Tapanuli selatan, RSUD Sibuhuan, RSUD Sipirok dan seluruh dokter dan perwakilan bidan desa. HKN tahun ini juga melaksanakan Kegiatan Sosial berupa operasi bibir sumbing bagi masyarakat kurang mampu. Operasi dilakukan oleh dr.Sorimonang Harahap SpB dibantu oleh dr.Irwan, dr.Syhukur, dr.Naga Bakti Hrp, dr.Erwin serta perawat RSUD Gunung Tua antara lain Willi, Salamudin Harahap, Parluhutan, desa dll. Peserta bibir sumbing kali ini ada 90 orang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar